Ini Jawaban IPS Kelas 8 Halaman 175 Lembar Kegiatan 10, Kurikulum Merdeka: Membangun Organisasi Atletik Nasional.

Kunci Jawaban IPS Kelas 8 Kurikulum Mandiri halaman 175 dapat dilihat pada Buku Standar Kemendikbud, Kurikulum dan Otoritas Penilai Pendidikan Topik 3 Nasionalisme dan Jati Diri Bangsa.

Buku teks IPS Kelas 8 setebal 175 halaman dari Kurikulum Mandiri adalah Supardi, dkk.

Artikel berikut memaparkan kunci jawaban Lembar Kegiatan 10, Metode Merdeka: Membangun Organisasi Gerakan Nasional pada halaman 175.

Jawaban pada halaman 175 Buku Teks IPS Kelas 8 Kurikulum Merdeka dapat ditujukan kepada orang tua atau wali untuk memperbaiki hasil belajar.

Sebelum mempertimbangkan hasil kunci jawaban, siswa terlebih dahulu harus menjawab soal yang telah disiapkan.

Kemudian gunakan artikel ini untuk menandai pekerjaan siswa Anda.

Tanggapan Key terhadap Bab 8 Kurikulum Merdeka, Halaman 175 Buku Sosiologi

Lembar Kerja 10: Kegiatan Kelompok

1. Mengunjungi perpustakaan dan mencari buku-buku tentang perkembangan berbagai organisasi etnis dan agama di daerah selama perkembangan pergerakan nasional.

2. Lengkapi pembangunan ormas-ormas untuk pergerakan nasional selanjutnya!

kunci respons kolom

1. Nama Grup: Bilah Benih

Sejarah : Organisasi kepemudaan didirikan oleh Satiman Wirjosandjojo pada tanggal 7 Maret 1915 di gedung STOVIA

Organisasi Jong Java awalnya bernama Tri Koro Dharmo.

Tujuan: Untuk mengintegrasikan siswa Pribumi dan mempromosikan minat pada seni dan bahasa ibu mereka.

Serta mengembangkan pengetahuan umum anggota.

Bentuk Perjuangan: Tentang Diplomasi, Seni dan Pengetahuan.

2. Nama Grup: Trichoro Darmo

Sejarah : Didirikan pada tanggal 7 Maret 1915 di Jakarta oleh R. Satiman Wiryosanjoyo, Kadarman dan Sunardi.

Tujuan: Untuk mencapai Jawa Besar dengan mempromosikan rasa persatuan di antara pemuda Jawa, Sunda, Madura, Bali dan Lombok.

Bentuk perjuangan: diplomasi dan organisasi.

3. Nama Organisasi: Jong Islamiten Bond

Sejarah: Jong Islamieten Bond atau Muslim Youth Association didirikan pada 1 Januari 1925 di Jakarta oleh para pelajar muda.

Tujuan: Menyelenggarakan kursus-kursus agama Islam bagi mahasiswa muslim.

Organisasi itu juga dibentuk untuk menjembatani semangat persaudaraan antar pemuda terdidik Islam dari berbagai penjuru nusantara.

Bentuk perjuangan: di bidang pendidikan dan agama.

4. Nama Organisasi : Muhammadiyah

Sejarah : Didirikan oleh KH Ahmad Dahlan pada tanggal 18 November 1912 di Desa Kauman Yogyakarta.

Tujuan: Mengadvokasi dan membela agama Islam.

hingga terwujudnya masyarakat yang benar-benar Islami.

Bentuk perjuangan: di bidang pendidikan dan agama.

5. Nama Organisasi : Nahdlatul Ulama

Tanggal: Dipimpin oleh Khasim Ashari, yang berperan sebagai presiden yang lebih besar.

Nahdlatul Ulama berdiri pada tanggal 16 Rajab 1344 H (31 Januari 1926).

Tujuan: Menegakkan ajaran Islam menurut Ahlus Sunnah Wal Jama’ah dalam kehidupan masyarakat dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bentuk perjuangan: di bidang pendidikan dan agama.

6. Nama Organisasi: Sarkat al-Islam

Sejarah: Dahulu bernama Sarekat Dagang Islam (disingkat SDI) didirikan pada 16 Oktober 1905 oleh Haji Samanhudi.

Tujuan: Menentang kebijakan Belanda yang mengizinkan pedagang asing masuk ke negaranya.

Dan untuk mengontrol perbandingan ekonomi orang pada saat itu.

Bentuk perjuangan: ekonomi populis dan religius.

Serta berkembang menjadi lembaga politik.

7. Nama Organisasi: Indische Partij

Sejarah: Didirikan pada 25 Desember 1912 oleh pemerintahan tripartit

Yaitu EFE Douwes Dekker, Tjipto Mangoenkoesoemo dan Ki Hajar Dewantara.

Partai tersebut menjadi organisasi bagi masyarakat pribumi dan ras campuran di Hindia Belanda.

Tujuan: – Menghilangkan arogansi sosial dalam asosiasi, terlepas dari tata kelola atau sektor sosial

Memberantas berbagai lembaga yang menyebarkan kebencian antar agama

– Meningkatkan pengaruh pro-India dalam pemerintahan

– Berjuang untuk mendapatkan hak semua orang India

Bentuk perjuangan: dengan kodifikasi hukum, pendidikan dan politik.

*) Penafian: Artikel ini hanya untuk orang tua untuk membimbing anak-anak mereka melalui proses belajar mereka.

Sebelum melihat jawabannya, siswa harus terlebih dahulu menjawab sendiri dan kemudian menggunakan artikel ini untuk merevisi pekerjaan mereka.

By admin